Banyak perusahaan yang tidak
menyadari betapa pentingnya untuk mempertahankan pelanggan. Banyak perusahaan
yang lebih mementingkan untuk mendapatkan pelanggan baru dibanding mempertahankan
pelanggan yang lama.
Mata kuliah ini mempelajari bukan hanya cara mendapatkan
pelanggan baru, tetapi juga tentang bagaimana memanage hubungan dengan
pelanggan agar pelanggan tetap loyalitas terhadap produk atau jasa yang kita
tawarkan. CRM meliputi segala aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan
pelanggan pada saat ini. CRM adalah sebuah strategi bisnis berorientasi
pelanggan dimana sebuah organisasi berusaha meningkatkan kepuasan dan loyalitas
pelanggan dengan menawarkan layanan spesifik pelanggan.
Fungsi CRM ini sebagai jembatan strategis antara strategi teknologi
informasi dan pemasaran. Organisasi mengumpulkan dan menganalisa data
pelanggan, menginterpretasikan perilaku pelanggan, membangun model prediksi,
merespon komunikasi pelanggan secara tepat waktu dan efektif, serta mengirimkan
nilai barang dan jasa ke pelanggan individu. Melalui pemahaman yang baik atas
pelanggan yang sudah ada, perusahaan dapat berinteraksi, memberikan tanggapan,
dan berkomunikasi lebih efektif dengan pelanggan tersebut untuk meningkatkan
tingkat retensi dan meningkatkan life time value dari pelanggan itu sendiri dan life
time value yang dimaksud adalah seberapa aktif dan banyak pelanggan dapat memberikan
kontribusi dan keuntungan bagi perusahaan.
Materi – materi ini dapat didownload DI SINI.
Semester 5 – Customer Relationship Management