Senin, Desember 22, 2014

Semester 5 – Customer Relationship Management

Banyak perusahaan yang tidak menyadari betapa pentingnya untuk mempertahankan pelanggan. Banyak perusahaan yang lebih mementingkan untuk mendapatkan pelanggan baru dibanding mempertahankan pelanggan yang lama.

Mata kuliah ini mempelajari bukan hanya cara mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga tentang bagaimana memanage hubungan dengan pelanggan agar pelanggan tetap loyalitas terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. CRM meliputi segala aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan pada saat ini. CRM adalah sebuah strategi bisnis berorientasi pelanggan dimana sebuah organisasi berusaha meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan menawarkan layanan spesifik pelanggan. 


Fungsi CRM ini sebagai jembatan strategis antara strategi teknologi informasi dan pemasaran. Organisasi mengumpulkan dan menganalisa data pelanggan, menginterpretasikan perilaku pelanggan, membangun model prediksi, merespon komunikasi pelanggan secara tepat waktu dan efektif, serta mengirimkan nilai barang dan jasa ke pelanggan individu. Melalui pemahaman yang baik atas pelanggan yang sudah ada, perusahaan dapat berinteraksi, memberikan tanggapan, dan berkomunikasi lebih efektif dengan pelanggan tersebut untuk meningkatkan tingkat retensi dan meningkatkan life time value dari pelanggan itu sendiri dan life time value yang dimaksud adalah seberapa aktif dan banyak pelanggan dapat memberikan kontribusi dan keuntungan bagi perusahaan.

Materi – materi ini dapat didownload DI SINI.

0 komentar:

Posting Komentar