Mata kuliah ini mempelajari tentang memecahkan suatu masalah
dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar
pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan
perilaku dalam satu entitas. Pengertian “berorientasi objek”
berarti bahwa kita mengorganisasi perangkat lunak sebagai kumpulan dari objek
tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya.
Tujuan dari analisis berorientasi
objek adalah untuk mengembangkan model yang menggambarkan perangkat lunak
komputer karena bekerja untuk memenuhi seperangkat persyaratan yang ditentukan
pelanggan. UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan
grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan
pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO
(Object-Oriented). UML sendiri juga memberikan standar penulisan sebuah sistem
blue print, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas-kelas dalam
bahasa program yang spesifik, skema database, dan komponen-komponen yang
diperlukan dalam sistem software.
Materi ini bisa di download DI SINI
Semester 3 – Object Oriented and Analysis Design