Jawaban Tugas Ketiga Konsep Basis Data
oleh Dosen Achmad Bachris
(posting on October, 3rd 2012)
SOAL
1. Praktekan
seluruh command pada DDL
2. Apa tujuan
perancangan basis data?
3. Apa yang
dimaksud dengan macro lifecycle dan micro lifecycle, sebutkan
perbedaannya?
4. Langkah apa
saja yang dilakukan pada tahap pengumpulan dan analisa data?
5. Apa yang
dimaksud dengan Transaction throughput?
6. Lakukan perancangan basis data dengan
terlebih dahulu melakukan pengumpulan dan analisa data dengan contoh kasus
aplikasi yang anda tentukan sendiri.
Jawaban
1.
Command pada DDL
Command create database dengan nama "data_siswa" dan show database tersebut
command use database untuk membuat sebuah data dan tentukan table yang akan digunakan untuk data tersebut lalu show table tersebut
command desc data_siswa_SMA untuk melihat data yang telah kita buat dalam bentuk tabel
command show tables dan create table untuk data tambahan yaitu data_pengajar
command desc data_siswa_SMA dan menggunakan command alter table untuk menambahkan sebuah informasi terhadap data yang telah kita buat
2. Tujuan
perancangan basis data
a.
Memenuhi kebutuhan informasi yang berisikan kebutuhan - kebutuhan
dari pengguna secara khusus dan aplikasi-aplikasi yang digunakan.
b.
Memudahkan pengertian struktur informasi. Maksudnya
suatu informasi menjadi mudah untuk dimengerti karena dalam basis data tersebut
suatu informasi akan tertata lebih rapi (terstruktur).
c.
Mendukung kebutuhan - kebutuhan pemrosesan dan
beberapa obyek kinerja dari suatu sistem database dan beberapa obyek
penampilan (response time, processing time, dan storage space).
3. macro
lifecycle adalah siklus kehidupan sistem informasi.
micro
lifecycle adalah siklus kehidupan basis data.
Keduanya
mempunyai hubungan, yaitu siklus kehidupan sebuah sistem informasi organisasi
berhubungan dengan siklus hidup sistem basis data yang mendukungnya.
Pada macro lifecycle terdapat 5
tahapan, yaitu :
1. Perencanaan (planning)
2. Analisis (analysis)
Analisa
Kelayakan
Tahapan ini memfokuskan pada
penganalisaan aplikasi yang unggul, mengidentifikasi pengumpulan informasi dan
penyebarannya, mempelajari keuntungan dan kerugian, penentuan kompleksitas data dan
proses, serta menentukan prioritas aplikasi yang akan digunakan.
Analisa
dan Pengumpulan Kebutuhan
Kebutuhan-kebutuhan user yang
detail dikumpulkan dengan berinteraksi pada sekelompok user atau pemakai individu.
3. Desain (design)
Perancangan
terbagi menjadi dua yaitu perancangan sistem database dan sistem aplikasi.
4. Pelaksanaan atau konstruksi
(implementation/construction)
Mengimplementasikan
sistem informasi dengan database yang ada.
5. Perawatan (maintenance)
Pengoperasian
sistem setelah divalidasi disertai dengan pengawasan dan perawatan sistem.
Sedangkan micro lifecycle terdapat
11 tahapan, yaitu
1. Database planning
2. System Definition
3. Requirements collection and
analysis
4. Database design
5. DBMS selection (optional)
6. Application design
7. Prototyping (optional)
8. Implementation
9. Data conversion and loading
10. Testing
11. Operational
maintenance
4. Langkah yang dilakukan pada tahap
pengumpulan dan analisa data
1. Menentukan kelompok penggunaan dan bidang-bidang aplikasinya
1. Menentukan kelompok penggunaan dan bidang-bidang aplikasinya
- Menentukan aplikasi utama dan kelompok
pengguna yang akan menggunakan basis data.
- Individu utama pada tiap-tiap
kelompok pengguna dan bidang aplikasi yang telah dipilih merupakan partisipan
utama pada langkah-langkah berikutnya dari
pengumpulan dan spesifikasi data.
2. Peninjauan dokumentasi
yang ada
- Dokumen
yang ada yang berhubungan dengan
aplikasi-aplikasi dipelajari dan dianalisa.
- Dokumen-dokumen
lainnya (seperti : kebijaksanaan-kebijaksanaan, form, report, dan
bagan organisasi) diuji dan ditinjau
kembali untuk menguji apakah dokumen-dokumen tersebut berpengaruh
terhadap kumpulan data dan proses spesifikasi.
3. Analisa lingkungan
operasi dan pemrosesan data
- Informasi yang sekarang dan yang akan
datang dipelajari.
- Analisis
jenis-jenis transaksi dan frekuensi-frekuensi transaksi serta arus informasi
dalam sistem.
- Input-output
data untuk transaksi-transaksi tersebut diperinci.
4. Daftar pertanyaan dan
wawancara
- Merangkum
tanggapan-tanggapan dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dikumpulkan
dari para pengguna basis data yang berpotensi.
- Ketua kelompok
(individu utama) dapat diwawancarai sehingga input yang
banyak dapat diterima dari mereka dengan
memperhatikan informasi yang berharga dan mengadakan prioritas.
5. Transaction
throughput adalah
rata-rata jumlah transaksi yang dapat diproses sistem basis data per menit
serta merupakan parameter kritis dari sistem transaksi (misal : pemesanan tempat
di pesawat, transaksi bank, dan lain sebagainya). Hasil dari fase ini adalah
penentual awal dari struktur penyimpanan basis data dan jalur akses untuk
file-file basis data.
Jawaban Ketiga Tugas Basis Data oleh Dosen Achmad Bachris